Friday, May 12, 2017

Eropa, Aku Datang 6 : Seputaran Roma


Di pintu belakang KBRI Vatican di Roma.
(Sebelumnya.)

Usai konferensi dua hari di Vatican, acaraku adalah : keliling Roma. Aku tak mau menganggap jalan-jalan seputar Roma ini sebagai sampingan, ini adalah bagian utama juga. Hehehe... Beberapa janji sudah kubuat. Hari pertama usai konferensi adalah hari Rabu. Aku, Rm. Indro dan Br. Yuwono sudah janjian untuk mengikuti audiensi umum Paus yang memang diadakan tiap hari Rabu. Br. Yuwono sudah mendapatkan tiketnya.
Salah satu sudut

Basilika St. Paulus
Usai itu sudah janji untuk bertemu Pak Agus Sriyono, duta besar Indonesia untuk Vatican di kantornya. Ini ngobrol santai tanpa target apa-apa. Menyerahkan beberapa buku. Dan tentu saja, untuk menikmati kehangatannya.

Nah, bagian yang penting juga adalah berjalan di tempat-tempat terkenal di Roma. Aku lupa apa aja saja yang kukunjungi (mungkin Rm. Indro bisa bantu aku.). Kucatat dulu yang kuingat : Colosseum, Pantheon, Fontana di Trevi, Piazza di Spagna, Via de Corso, basilika entah apa saja, (aihdah) dst. dst. (Aku susah mengingat nama-namanya. Duhhh.)

Jadi kupasang saja foto-foto yang bisa kutemukan ya. Lihat, siapa tahu kalian bisa mengingatkan aku kemana saja aku selama dua hari di Roma itu. Ohya, selama keluyuran ini aku menginap di Joli Hotel, dekat dengan Ottaviano Station. Hotel tua yang unik, tapi nyaman. Walau air panasnya sering ngadat, lift kecilnya agak menyeramkan, tapi hotel ini cukup strategis posisinya dan cukup ramah para pengelolanya. Ada sarapan juga yang disediakan, jadi ok banget deh.


Pantheon.







Fontana di Trevi.


Halaman Basilika St. Petrus.




Musium Leonardo da Vinci




Jalanan Roma

Collosseo.

Pelukis jalanan.

Ngikuti hasrat duduk di bawah bunga sakura.


Keterangan dan foto lain-lain kutambahkan nanti yaaa..... (Kisah selanjutnya.)

No comments:

Post a Comment